Senin, 23 Juli 2012

fakta unik indonesia


Fakta Unik Tentang Indonesia
BAHASA RESMI KE-2 DI VIETNAM

Pemerintah Ho Chi Minh City, Vietnam, mengumumkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa KEDUA secara resmi pada bulan Desember 2007. Seorang diplomat Indonesia di Ho Chi Minh City periode 2007-2008, Irdamis Ahmad, mengatakan, “Bahasa Indonesia sejajar dengan bahasa Inggris, Prancis, dan Jepang sebagai Bahasa Kedua yang Diprioritaskan.”
Salah satu perguruan tinggi di Vietnam mengadakan lomba pidato dalam Bahasa Indonesia, Lomba Essai dalam Bahasa Indonesia, dan pameran kebudayaan Indonesia. Beberapa universiatas di Vietnam bahkan mulai membuka program studi Bahasa Indonesia, antara lain: Universitas Hong Bang, dan Universitas Nasional HCMC.


BAHASA INDONESIA DIPELAJARI OLEH 45 NEGARA DI DUNIA

Saat ini sekitar 45 negara mengajarkan bahasa Indonesia mengajarkan Bahasa Indonesia, seperti Australia, Amerika Serikat, Kanada, dan Vietnam. Di Australia, Bahasa Indonesia menjadi bahasa popular keempat. Sekitar 500 sekolah di Australia mengajarkan bahasa Indonesia, bahkan, murid kelas 6 sudah mahir berbahasa  Indonesia.

WIKIPEDIA BAHASA INDONESIA PERINGKAT KE-26 DI DUNIA DAN tERBESAR KE-3 DI ASIA

          Menulis ensiklopedia bebas di internet semakin digemari oleh masyarakat Indonesia. Bahkan ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia telah menjadi ensiklopedia elektronik terbesar KETIGA setelah Jepang dan Mandarin. Dan Wikipedia Bahasa Indonesia kini berada di tingkat KE-26 di Dunia. Tantangan Wikipedia Indonesia ke depan ialah bagaimana meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan publik sebab informasi dapat diperbaharui setiap saat.

BAHASA INDONESIA ADALAH BAHASA KETIGA PALING BANYAK DIGUNAKAN DI WORD PRESS

Fakta setelah Spanyol, Bahasa Indonesia adalah bahasa yang menempati urutan KETIGA paling banyak digunakan di dalam posting-posting tulisan wordpress.com. Indonesia adalah negara terbesar KEDUA yang pertumbuhannya paling cepat dalam penggunaan engine blog itu. Dalam 6 bulan terakhir tercatat 143.108 pengguna baru, WordPress berasal dari Indonesia dan ada 117.601.633 kunjungan ke situs wordpress.com dari 40 kota di Indonesia.

PALING BANYAK BERGANTI IBU KOTA DALAM WAKTU SINGKAT


Belum ada negara di Dunia yang berganti ibu kota selama 4 kali dalam kurun waktu relatif singkat kecuali, Indonesia, yakni Jakarta (1945-1946), Yogyakarta (1946-1948), Bukittinggi (1948-1949), dan Jakarta (1950-Sekarang)

NEGARA KEPULAUAN TERBESAR DI DUNIA

Dengan 17.508 Pulau, Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Di sinilah 3 dari 6 pulau terbesar di dunia berada, yaitu: Kalimantan, Sumatra, dan Papua. Namun jangan heran bahwa hamper 60%  penduduk tinggal di Pulau Jawa, padahal luasnya hanya 7%  dari seluruh wilayah Indonesia. Uniknya lagi ada 4 Pulau yang kedaulatannya dikuasai bersama-sama dengan pemerintah nfegara tetangga. Pulau Kalimantan secara administrative dikuasai oleh 3 negara, yaitu: Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darrussalam. Pulau Papua dikuasai oleh Indonesia dan Papua Nugini. Pulau Timor dikuasai oleh Indonesia dan Timor Leste. Pulau Sebatik dikuasai oleh Indonesia dan Malaysia.

SUKU BANGSA TERBANYAK DI DUNIA

Indonesia merupakan negara yang memiliki suku ter banyak di dunia. Ada lebih dari 740 suku bangsa/etnis, sehingga tak heran bahwa Indonesia juga merupakan negara dengan bahasa daerah terbanyak , yakni 583 bahasa dan dialeg. Sadar bahwa bentrokan antar etnis sangat berpotensi terjadi, maka pendiri negara menyepakati semboyan bangsa Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu.

MISTERI ANGKA

Penyebutan angka 1 – 9 dalam Bahasa Indonesia mengandung misteri. Jika kita jumlahkan dua angka yang awalan hurufnya sama, hasilnya selalu sepuluh.
Berawalan S à Satu + Sembilan = Sepuluh
Berawalan D à Dua + Delapan = Sepuluh
Berawalan T à Tiga + Tujuh = Sepuluh
Berawalan E à Empat + Enam = Sepuluh
Berawalan L à Lima + Lima = Sepuluh

RAMAH

Selain karena keindahan alamnya, banyak wisatawan mancanegara memuji keramahan orang Indonesia. Bedasarkan survey The Smiling Report pada tahun 2009, Indonesia dinobatkan menjadi Negara Paling Murah Senyum di Dunia. Indonesia dinobatkan sebagai negara terbaik dalam mengucapkan salam.

SATU-SATUNYA NEGARA YANG PERNAH KELUAR DARI “PBB”

Sampai saat ini, Indonesia adalah satu-satunya negara yang pernah keluar PBB. Indonesia bergabung dengan PBB pertama kali pada tahun 1950 sebagai anggota yang ke-60. Tahun 1965 Indonesia menarik keanggotaanya. Tahun 1966 Indonesia masuk kembali hingga sekarang.

OMBAK TERPANJANG DAN TERBESAR DI INDONESIA

Selama ini kita hanya mengenal pantai Kuta, Sanur, dan beberapa pantai di Bali sebagai Surfer Paradise. Ternyata ada juga pantai di Banyuwangi yang sudah terkenal di mata peselancar dunia. Pantai ini bernama Plengkung, tapi lebih sering dipanggil G – Land. Sebutan ini diberikan penemunya karena wilayahnya yang menyerupai huruf ‘G’ jika dilihat dari atas. Saat pertama ditemukan, penemu ini sedang melakukan perjalanan menemukan G – Land. Konon G – Land memiliki ombak tertinggi kedua di dunia dan terpanjang di dunia. Dan ini lah yang membuat G – Land menjadi salah satu Surfer Paradise.

TAMBANG EMAS TERBESAR DI DUNIA

Grasberg Mine adalah tambang emas terbesar di dunia sekaligus tambang tembaga terbesar ketiga di dunia. Tambang ini terletak di Papua, Indonesia. Sayangnya sebagian besar sahamnya dimiliki oleh perusahaan asing Freeport. Tambang itu mulai beroprasi sejak tahun 1959. Tahun 2006 produksi tambang Grasberg mencapai 602.800 ton tembaga, 58.474.932 kg emas, dan 174.458.971 kg perak.

FILM PERTAMA IDONESIA YANG DIBUAT OLEH ORANG INDONESIA

      Darah dan Doa (1950)
   
      “Darah dan Doa” adalah film Indonesia pertama karya Usmar Ismail yang diproduksi pada tahun 1950 dan di bintangi oleh Farida. Film ini merupakan film Indonesia pertama yang sepenuhnya dibuat oleh orang Indonesia. Film ini juga merupakan produksi pertama Perusahaan Film Nasional Indonesia ( Perfini ). Adegan syuting pertama film ini pada tanggal 30 Maret 1950 yang kemudian dirayakan menjadi Hari Film Nasional. Kisah film ini berasal dari skenario penyair Sitor Situmorang, yang menceritakan tentang seorang pejuang refolusi Indonesia yang jatuh cinta kepada salah satu perempuan Jerman yang menjadi tawanannya.

INDONESIA NEGARA PERTAMA DI ASIA YANG MENGIKUTI PIALA DUNIA.

Indonesia adalah negara Asia pertama, yang tampil di Piala Dunia. Indonesia tampil di Piala Dunia 1938 di Prancis!! Karena belum merdeka, Indonesia menggunakan nama, Netherland East Indies atau Hindia Belanda. Seluruh skuad waktu itu diisi oleh orang asli Indonesia. Sayangnya Indonesia langsung gugur dibabak pertama setelah dikalahkan oleh Hungaria 0 – 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar